Menu

Widdi

Subtitle

Blog Search

Cara Merawat Rambut Rusak

August 29, 2015

Cara Merawat Rambut Rusak-Rambut yang kering dan bercabang memang menjengkelkan, karena ini sangat mengganggu penampilan kita. Walaupun wajah terlihat cantik, tapi kalau rambut rusak dan bercabang hal ini tentu saja membuat kita tidak percaya diri.


Rambut yang rusak, kering dan bercabang disebabkan banyak hal, bisa karena kesalahan memperlakukan rambut, terkena zat kimia dari produk perawatan rambut yang tidak aman, dan bisa juga karena paparan sinar matahari.

Simak cara merawat rambut rusak dibawah ini.
1. Gunakan Minyak Zaitun
Setiap dua minggu sekali oleskan minyak zaitun hangat pada rambut, untuk menghangatkan minyak tersebut bisa menggunakan microwave. Ketika di olesi rambut dalam keadaan basah. Biarkan selama lima menit, lalu keramas dengan shampo
2. Sisir Rambut Dengan Benar
Cara menyisir rambut sangat berpengaruh dengan kesehatan rambut Anda. Usahakan gunakan sisir dengan gigi lebar. Tidak perlu menyisir rambut berkali-kali tapi cukup rambut tidak kusut.
3. Jangan Gosok Rambut Dengan Rambut
Seringkali sehabis berkeramas Anda untuk mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk. Padahal cara tersebut salah, karena dapat menyebabkan gesekan yang bisa membuat kerusakan pada lapisan terluar rambut. Karena sebaiknya untuk mengeringkan rambut cukup diremas dengan handuk saja, tidak usah di gosok-gosokkan.
4. Hindari Pengering Rambut
Mengeringkan rambut dengan alat pengering yang panas dapat menyebabkan rambut menjadi stress dan ujung-ujungnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya agar rambut tidak mudah rusak dan bercabang keringkan rambut dengan kipas atau cukup diangin-anginkan saja.
5. Konsumsi Vitamin B
Kandungan biotin pada vitamin B kompleks dapat menguatkan rambut. Sedangkan untuk Vitamin B Kompleks sendiri bisa didapat dari telur, kacang-kacangan dan pisang.
6. Gunakan Minyak Alami
Selain menggunakan minyak zaitun hangat, untuk menyehatkan rambut agar lembut dan halus Anda bisa menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau minyak almond. Caranya oleskan pada rambut minyak alami tersebut setelah Anda berkeramas, kemudian bungkus dengan handuk hangat dan diamkan selama 20 menit baru bilas rambut hingga bersih.
7. Mayones
Mayones mengandung asam lemak yang berfungsi untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Cara menggunakannya adalah setelah berkeramas dan dikeringkan dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut. Kemudian bungkus dengan handuk atau shower cap. Biarkan selama 15-20 menit lalu keramas kembali dengan shampo bayi atau herbal.
8. Cuka Apel
Cuka Apel tidak diragukan lagi khasiatnya, dan salah satu manfaatnya adalah untuk mengurangi rambut rusak dan menjadikannya lebih halus. Cara menerapkannya yaitu dengan menyampurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air. Campuran tersebut dioleskan ke rambut, tapi sebelumnya Anda harus keramas dulu dan rambut masih dalam keadaan basah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo.Untuk menghilangkan aroma cuka apel Anda bisa memakai kondisioner. Untuk hasil maksimal lakukan perawatan ini dua kali sehari.
9. Gunakan Kondisioner Rambut
Seminggu sekali gunakan kondisioner setelah keramas diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian baru dibilas. Kondisioner usahakan jangan sampai tersisa di rambut dan saat menggunakan tidak mengenai kulit kepala karena akan menyebabkan rambut lepek dan berminyak.
10. Rajin Membersihkan Rambut
USahakan bersihkan rambut tiap hari atau dua harisekali menggunakan shampo yang mengandung vitamin E. Karena vitamin E sangat baik untuk memperbaiki kerusakan rambut yang rusak.


Sangat mudah cara merawat rambut rusak. Selamat mencoba dan semoga anda bisa tampil percaya diri dengan rambut sehat dan bebas botak.

Source: http://polahidupsehat.web.id/cara-merawat-rambut-rusak-kering-dan-bercabang/

Go Back

Comment