Menu

Widdi

Subtitle

Blog Search

Manfaat Yoghurt

August 29, 2015

Manfaat Yoghurt. Yogurt merupakan makanan yang sehat dan lezat, di dalamnya terdapat multi-vitamin penting yang baik bagi kesehatan. Kandungan asam laktat dan seng (zinc) dalam yoghurt sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. manfaat yoghurt untuk menjaga kulitnya agar tetap awet muda.

Cukup dengan melakukan pijatan dengan yoghurt pada kulit secara teratur, dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi garis-garis halus, mengencangkan  pori-pori, melembabkan kulit yang kering, serta membuat kulit tampak cerah dan berisinar. Namun jangan salah, gunakan yoghurt plain (yoghurt murni, sebelum diberi tambahan rasa seperti gula/ sari buah/ rasa lainnya), karena jika menggunakan yoghurt yang sudah diberikan campuran rasa, justru dapat menyebabkan iritasi, ruam, dan bagi yang berjerawat dapat memperparah kondisi jerawat. Sebagai informasi, semakin tinggi kandungan dalam yoghurt, semakin baik efeknya dalam proses peremajaan kulit. Untuk mengetahui 7 manfaat yoghurt bagi kulit, simak penjelasan berikut:

 

1. Sebagai Pelembab dan Pencerah Alami

 

yoghurt dapat menyegarkan kembali kulit yang layu dan kusam. Caranya, oleskan yoghurt pada kulit yang telah dibasahi air, pijat perlahan hingga yoghurt meresap ke dalam kulit, biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kandungan asam laktat merupakan asam hidroksi alami yang dapat membantu pengelupasan, melembabkan , serta membuat kulit mulus.

Untuk membut kulit tampak lebih bersinar, buatlah masker yang terbuat dari campuran yoghurt, kacang lentil (kacang khas dari timur tengah), dan kulit jeruk. Semua bahan dihaluskan (supaya mudah diblander saja). Lalu oleskan sebagai masker pada wajah anda, biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Jika kulit anda kering, tambahkan madu untuk mendapatkan kelembaban ekstra yang dibutuhkan kulit.

Selain masker di atas, berikut alternaf lainnya. Campurkan 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan coklat bubuk, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat untuk menyegarkan kembali kulit yang layu dan kusam.

 

2. Sebagai Scrub Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

 
Berkat kandungannya yang mampu melembabkan, scrub yoghurt amat baik untuk mengangkat serpihan kulit mati, terutama bagi merika yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Buat scrub alami dengan mencampurkan 2 sendok makan yoghurt dan 1 sendok makan oats (gandum). Oleskan pada kulit, gosok perlahan dengan gerakan melingkar.

Jika ingin menghilangkan komedo, buat pasta kental dari campuran tepung beras dan yoghurt, oleskan pada kulit, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar, bilas hingga bersih dengan air dingin. 

 

3. Mengobati Jerawat

 
Selain untuk diet, yoghurt dapat digunakan sebagai  krim wajah untuk menyembuhkan jerawat anda. Sifat asam dalam yoghurt dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, serta jamur dan kuman dalam tubuh anda.

Untuk membersihkan kulit dan mengurangi jerawat, oleskan yoghurt yang berbentuk krim pada wajah, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Sebagai alternatif lain, buat pasta dengan mencampurkan yoghurt, bubuk kunyit, gula merah bubuk, dan bubuk cendana. Oleskan pada kulit, lalu pijat perlahan, dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

 

4. Memudarkan Noda Pada Wajah, Lingkaran Hitam di Bawah Mata, dan Meratakan Warna Kulit

 

Jika pada wajah anda terdapat noda akibat jerawat atau gigitan serangga, gunakan yoghurt yang diencerkan dengan air. Fungsinya untuk mendinginkan  kulit dan memudarkan noda pada bagian kulit tersebut. Dalam yoghurt terkandung seng yang dapat membantu memudarkan noda dan bekas luka, serta mencegah terjadinya peradangan.

Sengatan sinar matahari secara terus menerus dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Untuk mencerahkannya, buatlah masker dari campuran tepung gram (terpung yang terbuat dari buncis), yoghurt, dan air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pada area kulit yang gelap akibat sering terkena sinar matahari, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Atau cara lain, mencampurkan yoghurt dengan beberapa tetes minyak chamomile esensial, oleskan pada kulit, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Untuk menghilangkan noda hitam di bawah mata, oles tipis yoghurt di area tersebut, lalu diamkan selama 15 menit sambil duduk. Saat akan tidur, oleskan sisa yoghurt pada lingkar bawah mata dengan menggunakan kapas, biarkan semalaman. Lakukanlah secara teratur setiap hari selama seminggu, dan lihat hasilnya yang cukup signifikan.

Untuk meratakan warna kulit, campurkan 2 sendok makan yoghurt dengan beberapa tetes air perasan lemon, oleskan pada kulit, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. yoghurt mengandung pemutih ringan yang mampu meratakan warna kulit apabila penggunaannya dilakukan secara teratur.

 

5. Anti Aging

 

yoghurt efektif melawan radikal bebas dan mampu memperlambat munculnya kerutan dan garis-garis halus di wajah, karena adanya kandungan asam laktat dan zat dengan sifat anti aging.

Untuk menjaga kulit agar tetap tampak muda dan bersinar, gunakan masker dari campuran 1 sendok makan minyak zaitun dengan 3 sendok makan yoghurt, oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara teratur sedikitnya 3x dalam seminggu.

Bahan yang menjadi alternatif lain, anda dapat mencampurkan pisang, alpukat, dan yoghurt. Lakukan cara yang sama dengan petunjuk sebelumnya, hanya saja gunakan air hangat untuk membilasnya. 

Selain kedua resep di atas, anda dapat mencampurkan mentimun parut dan yoghurt. Diamkan selama 15 menit atau hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin. Mentimun dan yoghurt akan memberikan efek dingin pada kulit sehingga dapat membantu mengencangkan pori-pori wajah.

 

6. Melawan Infeksi Kulit

 
Infeksi jamur pada kulit dapat diobati dengan mengoleskan yoghurt langsung pada bagian kulit yang terkena infeksi, lakukan secara rutin 4-5 kali dalam sehari untuk hasil terbaik.
 

 

7. Memulihkan Kulit yang Terbakar oleh Sinar Matahari

Gunakan yoghurt untuk merawat kulit yang terbakar oleh sinar matahari, karena di dalam yoghurt terkandung seng yang membantu menghilangkan efek panas dan gatal setelah terbakar sinar matahari. Caranya, buatlah pasta dari campuran yoghurt dengan beberapa tetes minyak chamomile esensial. Gosokan perlahan pasta tersebut pada bagian kulit yang terbakar, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.
Demikian manfaat yoghurt, selamat mencoba.

Go Back

Comment